Laporan Pelaksanaan Diklat Pebruari 2014

Dalam rangka pemenuhan GANISPHPL pada unit usaha Kehutanan, akhir Februari lalu BP2HP Wilayah XIII bekerjasama dengan BDK Samarinda dan Komda APHI Kalimantan Timur melaksanakan Diklat GANISPHPL untuk 3 kualifikasi : GANISPHPL-Timber Cruising, GANISPHPL-Pembukaan Wilayah Hutan dan GANISPHPL-Kelola Sosial. Dibuka pada tanggal 25 Februari 2014 oleh Kapusdiklat Kehutanan, Dr. Ir. Agus Justianto, diklat tersebut berakhir pada tanggal 11 Maret 2014 untuk kualifikasi GANISPHPL-Timber Cruising dan GANISPHPL-Kelola Sosial, sedangkan untuk GANISPHPL-Pembukaan Wilayah Hutan ditutup pada tanggal 13 Maret 2014. Diklat diikuti oleh 94 peserta (Timber Cruising 31 orang, Kelola Sosial 29 orang dan Pembukaan Wilayah Hutan 34 orang), berasal dari Kalimantan Barat 5 orang, Sumatera Selatan 1 orang, Nusa Tenggara Barat 1 orang dan sisanya berasal dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang merupakan karyawan dari pemegang IUPHHK-HA/HT dan IPPKH (perusahaan tambang).

Kapusdiklat Kehutanan dalam sambutan pembukaan menyatakan, bahwa jumlah GANISPHPL pada IUPHHK-HA/HT belum memenuhi kebutuhan minimal berdasarkan peraturan yang berlaku, sehingga kesempatan mengikuti Diklat GANISPHPL perlu diperbanyak.

Sejalan dengan harapan tersebut dan menyambung Diklat yang telah selesai, BP2HP Wilayah XIII bekerjasama dengan Komda APHI Kaltim membuka pendaftaran bagi pemegang izin usaha kehutanan untuk mengikutsertakan karyawannya pada Diklat GANISPHPL yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Juni 2014 di Samarinda. Kualifikasi Diklat yang akan dilaksanakan GANISPHPL-Pemanenan Hutan (NENHUT), Perencanaan Hutan (CANHUT), Kelola Lingkungan (KELING), Pengujian Kayu Bulat Rimba (PKB-R) dan Pengujian Kayu Gergajian Rimba (PKG-R). Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut : Informasi Penyelenggaraan Diklat Juni 2014.