Welcome to Website Balai Samarinda

Di era globalisasi peranan website bagi lembaga pemerintah adalah suatu keharusan, baik sebagai pelayanan publik untuk penyebaran informasi atau data, maupun sebagai penunjukan kinerja lembaga itu sendiri terhadap lembaga yang memayunginya, dalam hal website kami lembaga tersebut adalah Kementerian Kehutanan.

Kami sebagai Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi Wilayah XIII Samarinda, dengan lingkup kerja Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, di website ini, memiliki main job menyampaikan informasi bagaimana dan sejauh mana pemanfaatan hutan produksi di kedua Provinsi tersebut, dalam wujud laporan bulanan yang diupload setiap bulannya, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan data Kementerian Pusat maupun publik yang memerlukan.

Laporan bulanan tersebut dapat diklik di menu website bagian kiri, dan memiliki sekitar 52 s.d 60 items mulai dari data luas kawasan hutan produksi, data ijin usaha pemanfaatan baik di hutan alam (92 ijin), hutan tanaman (42 ijin), ijin pemanfaatan kayu (15 ijin) maupun ijin pinjam pakai kawasan hutan (60 ijin), serta data industri pemanfaatan hasil hutan (216 ijin), data rencana kerja masing-masing ijin tersebut, data realisasi produksi, data persediaan kayu di lokasi masing-masing ijin, data peredaran kayunya, data realisasi pemenuhan bahan baku bagi industri, data produksi kayu olahan, sampai ke data realisasi ekspor dan tujuan dalam negeri. Data yang tak kalah penting yang juga ditampilkan dalam laporan bulanan kami adalah data GanisPHPL dan WasganisPHPL, mereka adalah tenaga teknis dan pengawasnya yang memiliki kartu SIM untuk bekerja di sektor pemanfaatan hutan, serta penyerapan anggaran Balai setiap bulannya.

Ya, sekian jumlah data tersebut kami harap dapat memenuhi kebutuhan informasi baik Kementerian Pusat maupun publik akan pemantauan pemanfaatan hutan produksi di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Sayangnya, seperti umumnya keberadaan website lembaga pemerintah lain yang sering terkena serangan hacker, website Balai kami juga tak luput dari itu. Sejak Juli 2013, web Balai terkena serangan malware yang mengakibatkan web tidak dapat diakses dan kami tidak bisa meng-upload data-data dimaksud. Upaya perbaikan masih terus dilakukan, dan sejak Januari 2014 ini web kami dapat diakses melalui dua alamat, dimana alamat yang lama, bpphp13.dephut.go.id , sering menemui masalah teknis dalam hal link data ke server, dimana hal tersebut tidak menjadi masalah di alamat kedua, bpphp13.dephut.net, meski keduanya masih terdeteksi malware oleh pihak Google.

Dengan berat keputusan pun diambil, bahwa web Balai keluar dari server Kementerian dephut.go.id, dan membangun di provider publik, dengan alamat yang sekarang : www.bpphp13.web.id.

Januari lalu, pada sebuah rapat koordinasi anggaran, Dirjen BUK, Bpk. Ir. Bambang Hendroyono, MM, menyebutkan bahwa Bpk. Ir. Syarifuddin, MMA yang adalah Kepala Balai kami, sebagai Kepala BP2HP terbaik pertama, dilihat dari beberapa kriteria, baik dari sisi penyerapan anggaran maupun respon cepat akan permintaan data dari Pusat. Lalu Pebruari ini, tepat tanggal 9 nanti, kami Balai Samarinda akan merayakan setahun kami menempati gedung baru, dimana untuk seterusnya tanggal 9 Pebruari tersebut akan kami jadikan sebagai tanggal ulang tahun BP2HP Samarinda.

Dengan Kepala Balai terbaik dan semangat ulang tahun, kami harap ke depannya khususnya tahun 2014 ini, kami akan terus berupaya memenuhi tugas menampilkan data laporan bulanan yang up to date setiap bulannya, serta berupaya menambah konten-konten baru yang dapat membuat semarak warna website Balai Samarinda. Selamat membaca dan terima kasih telah berkunjung!